Kumpul Berbagi

Pengertian Software ( Perangkat Lunak ), Fungsi Untuk Software , Dan Jenis Jenis Software

Pengertian Software berati piranti lunak; perangkat lunak; program komputer. Istilah baku dalam bahsa indonesia adalaah perangkat lunak. software merupakan kumpulan bebrapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaanya. Software ( Perangkat Lunak ) ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainya.

Selain itu, Software juga merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah,maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.

Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika,logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. pengelolahan pada software ini melibatkan beberapa hal,di antaranya adalah sistem operasi,program,dan data. software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.

dalam artti yang paling luas, software komputer bisa diartikan sebagai suatu prosedur pengeprasian. Suatu acara yang ditayangkan oleh televisi,dapat dianggap sebagai software dari suatu peralatan televisi. Demikian pula halnya dengan musik yang telah direkam diatas kaset maupun Compact Disc (CD), data diatas kertas,serta cerita ataupun uraian yang ada didalam sebuah buku.

Software adalah Kompunen komponen dalam data Processing Sytem yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Istilah software ini pada umumnya untuk menyatakan cara cara yang mengasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dan mesin komputer. Software dapat pula diartikan sebagai segala, ,acam jenis program yang digunakan untuk mengoprasikan komputer dan peralatanya.


Fungsi Fungsi Software

Software juga memiliki banyak fungsi bagi mesin komputer dan pengguna komputer.
Fungsi Fungsi Software tersebut antara lain
  • Mengidentifikasi program
  • Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol;
  • Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

 

 Jenis-Jenis Software 

 Pada umumnya Software  yang sering kita pakai dalam keseharian terbagi menjadi du jenis Software, Yaitu software sistem operasi (operating System) dan Software aplikasi (aplplications).

Operting Sytem meerupakan software yang disunakan untuk mengoprasikan komputer, Sedangkan applications merupakan software atau program yang dioprasikan  didalam sebuah lingkungan operating sytem untuk keperluan-keperluan tertentu seperti pemrograman (programming), office work, dan gaming (permainan).

Berdasarkan pembagian secara umum tersebut, Secara khusus Software sebenarnya terbagi menjadi lima jenis yaitu :
  • Sistem Operasi (Operating Sytem)
  • Alat Bantu (Utlity0
  • Bahasa pemograman
  • Routines (User program)
  • Application Package (Package Programs)

Nah mungkin itu saja yang saya bisa jelaskan tentang  Pengertian Software ( Perangkat Lunak ), Fungsi Untuk Software , Dan Jenis Jenis Software .
Semoga bermanfaat buat kalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Software ( Perangkat Lunak ), Fungsi Untuk Software , Dan Jenis Jenis Software"

Post a Comment